Subscribe me now

More Article »

Minggu, 18 Desember 2011

Home » » Harga Cengkih di Lampung Timur Naik

Harga Cengkih di Lampung Timur Naik

Petani sedang menjemur buah cengkih. (Foto ANTARA/Basri Marzuki)
Sukadana - Harga komoditas cengkih di Kabupaten Lampung Timur naik dari Rp160.000 menjadi Rp170.000 per kilogram dalam sepekan ini karena minimnya pasokan dari petani.
      
"Naiknya harga komoditas cengkih karena pasokan dari petani menurun drastis pada musim ini," kata Tohirudin, pedagang pengumpul di Desa Srimenanti Kecamatan Bandarsribhawono, Lampung Timur, Senin.
      
Ia mengatakan, selain petani pembudidaya tanaman menurun, juga memasuki musim penghujan ini terkendala proses penjemuran untuk memenuhi besarnya permintaan pengumpul setempat.
      
Ia mengaku, pengumpul semakin hari semakin sulit mendapatkan pasokan cengkih karena banyak tanaman yang tidak berbuah akibat kemarau lalu.
      
"Sampai saat ini tanaman belum berbuah meskipun sudah turun hujan," katanya.
       
Harga cengkih sekarang antara Rp160.000 sampai Rp170.000 per kilogram.
       
Sementara itu, Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Kabupaten Lampung Timur menyatakan akan memperluas budidaya tanaman cengkih di daerah itu karena saat ini luas tanamnya hanya sekitar 73,30 hektare.
      
"Komoditas cengkih ditekuni oleh 470 petani dengan produktivitas 182 kilogram per hektare dan jumlah hasil produksi sebanyak 7,23 ton," kata Kepala Disbunhut Lampung Timur, Edwin Bangsaratoe, di Sukadana.
      
Ia mengatakan, dari total luas yang ada itu, terdiri atas 14 hektare tanaman belum produktif, 39,75 hektare tanaman produktif, dan 19,55 hektare tanaman tidak produktif karena rusak atau mati. (antara)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. SERUWIT: Harga Cengkih di Lampung Timur Naik . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from CBS News