Subscribe me now

More Article »

Senin, 19 Desember 2011

Home » » Mahasiswa Penerima Bidik Misi Luncurkan Buku

Mahasiswa Penerima Bidik Misi Luncurkan Buku

Surabaya - Mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya meluncurkan buku. Buku dengan judul “Dermaga Menuju Impian” merupakan kumpulan  kisah para mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi tentang bagaimana perjuangan mereka untuk dapat kuliah dengan segala keterbatasannya, hingga akhirnya mereka menerima beasiswa Bidik Misi ini.

Buku setebal 132 halaman ini ditulis oleh 23 mahasiswa Unair penerima beasiswa Bidik Misi dari berbagai fakultas. Penulisan buku ini sendiri dikomandani oleh Hudha Abdul Rohman yang kebetulan mahasiswa Sastra Indonesia Fakultas Imu Budaya Unair.

Huda mengaku, dia bersama teman-temannya memang sengaja ingin menerbitkan buku ini untuk memberikan semangat kepada calon mahasiswa kurang mampu lainnya, bahwa kuliah gratis untuk orang miskin itu memang benar-benar ada. Selain itu, mereka juga ingin mengembangkan tradisi menulis di kalangan mahasiswa.

“Tradisi lisan memang penting, namun kami ingin menumbuhkan tradisi menulis di kalangan mahasiswa,” ujar Huda saat peluncuran buku ini di kampus ITS disaksikan oleh Mendikbud M Nuh, baru-baru ini.

Huda menuturkan, yang menarik selama proses penulisan buku adalah dia harus menunggu di sela-sela temannya sedang tidak beraktivitas. Ini disebabkan karena Huda belum memiliki laptop sendiri.

“Karena belum memiliki laptop sendiri, terpaksa saya harus menunggu kapan teman saya tidak memakai laptopnya. Saya pinjam,” ujar Huda.

Hal menarik lainnya adalah, uang yang digunakan untuk penerbitan buku ini juga swadaya mahasiswa penerima Bidik Misi. Kebetulan para mahasiswa Bidik Misi Unair menyisihkan uang beasiswa mereka untuk uang kas. Dan uang kas itu, salah satunya digunakan untuk penerbitan buku ini.

Sementara itu, M Nuh menyatakan bangga atas karya para mahasiswa penerima Bidik Misi ini. “Atas nama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, saya ucapkan terima kasih atas usaha kalian. Saya tidak mengira jika hasilnya akan sebagus ini,” ujar Nuh.

Nuh menambahkan, pemerintah menargetkan akan menaikkan jumlah penerima beasiswa Bidik Misi. Dari sekira 50 ribu mahasiswa untuk tahun ini, maka tahun depan akan ditingkatkan menjadi 80 ribu penerima beasiswa dan tahun depannya lagi menjadi 110 ribu mahasiswa.

“Targetnya selama empat tahun itu, jumlah mahasiswa penerima Bidik Misi itu sekira 100 ribu,” Nuh menandaskan. Oke/D-1
Share this article :

Posting Komentar